Selamat Datang Di Blogg Saya

Senin, 18 April 2011

Sejarah penemuan dan Pengertian HTML

Diawali tahun 80-an, ketika IBM masih menjadipenentu standar uatama dunia komputer dan sistem informasi, IBM memiliki suatu ide yang cenderung tersebut berdasarkan pada pengetahuan bahwa setiap dokumen mempunyai ciri-ciri umum, seperti judul, alamat, isi dan elemen-elemen lain yang sangat mirip dari satu documen ke dokumen lainnya.

IBM mendirikan pembuatan seatu sistemdokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. Dengan cara ini, penampilan dan pencetakan dokumen tidak akan bannyak bergantung pada jenis hardwaretetentu, sekalipun sistem seperti ini memerlukan suatu software untuk menampilkan atau mencetak documen-documen tersebut.

IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistem ini dengan Generalizes Markup Language (GML) setelah itu pada tahun 1986 ISO (international standard organization) menyatakan bahwa markup languge sebagai standard untuk pembuatan dokumen-dokumen dan memberikan nama SGML (Standard Generalizes Markup Language) dan akhirya bahasa ini dikenal  dengan nama HTML.



HTML (Hyper Text Markup Language) adalah seatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen hyper text yang dapat dibaca dari suatu platform ke platform lain tanpa melakukan suatu perubahan apapun. Dokumen HTMl disebut markup language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan  teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam seatu dokumen. misalnya anda deapat menentukan dimana suatu gambar harus muncul dan jenis pemformatan apa yang berlaku pada suatu kumpulan text tertentu. anda bahkan juga dapat membuat tabel dengan bingkai-bingjai didalamnya dengan menggunakantanda-tanda HTML.

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah  bahasa dari word wide web yang dipergunakan untuk menyusun dan membentuk dokumen agar dapat ditampilkan pada program browser. tiap kali kita mengakses dokumen web, maka sesungguhnya ita mengakses dokumen  orang  yang ditulis dengan menggunakan format HTML. beberapa orang merasa keberatan jika dikatakan HTML adalah sebuah bahasa pemograman karena struktur yang dimilikinya dianggap terlalu sederhan, kode-kode dibaca oleh browser  baris per baris, dari atas kebawah. HTML juga tidak memiliki looping seperti bahasa pemograman lain

1 komentar: