Selamat Datang Di Blogg Saya

Minggu, 12 Februari 2012

Contoh penerapan arsitektur system Data Base


System Tunggal
Pada arsitektur ini, DBMS, basis data dan aplikasi basis data ditempatkan pada mesin (komputer) yang sama. Dengan demikian, pemakai yang dapat menggunakannyadi setiap saat juga hanya satu orang (single user). Arsitektur ini merupakan arsitektur sistem yang paling sederhana dan paling murah.
 contoh : Ms. Office, Kalkulator, Adobe reader, Game, Corel Draw.

System Terpusat
Kita dapat mempertahankan pemakaian Sistem Mandiri, jika kita harus mengakomodasi pemakaian oleh banyak pemakai (multi user). Arsitektur ini terdiri atas sebuah mesin server dan sejumlah terminal (yang menjadi tempat user berinteraksi dengan sistem). Yang tersentralisasi dalam arsitekur ini dapat mencakup basis data, DBMS dan aplikasi basis data atau basis data saja.
contoh : semua aplikasi marketing (swalayan), nokia service,


System client-server
Sebagaimana seistem tersentralisasi, arsitektur ketiga ini juga diterapkan pada sebuah sistem jaringan. Sistem Client Server ini ditujukan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada sistem tersentralisasi sebelumnya.
Sistem ini terdiri atas dua komponen (mesin) utama yaitu Client dan Server. Client berisi aplikasi basis data dan server berisi DBMS dan basis data. Setiap aktifitas yang dikehendaki para pemakai akan lebih dulu ditangani client. Client selanjutnya mengupayakan agar semua proses ’sebisa mungkin’ ditangani sendiri. Jika ada proses yang harus melibatkan data yang tersimpan pada basis data, barulah client melakukan kontak dengan server.
contoh: semua aplikasi di kantor pajak, rumah sakit, perpustakaan, siste informasi apotek, rental dvd.

0 comments:

Posting Komentar